Makan sambil minum? Hindari dari SEKARANG!

Makan sambil minum? Hindari dari SEKARANG!
#PGSIslandHealth

Gambar : Jangan Makan sambil Minum.
          Seringkah anda makan sambil minum? Mungkin kebiasaan ini banyak dilakoni oleh sebagian orang. Ini juga salah satu kebiasaam buruk saya. hehehehe... Tetapi, tahukah anda apa akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan makan sambil minum ini? Oleh karena itu, mari kita simak yang berikut ini.

A.   Mengenal Lambung Kita
Gambar : Lambung
          Lambung adalah tempat dimana kita mencerna makanan kita setelah makanan berhasil dicerna di mulut. Fungsi lambung secara umum adalah tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap. Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah
  1. Kardia.
  2. Fundus.
  3. Pilorus.
          Di dalam lambung terdapat enzim - enzim yang membantu proses pencernaan kita. Enzim - enzim tersebut antara lain :
  • Pepsin merupakan enzim yang dapat mengubah protein menjadi molekul yang lebih kecil.
  • Musin merupakan mukosa protein yang melicinkan makanan.
  • Renin merupakan enzim khusus yang hanya terdapat pada mamalia, berperan sebagai kaseinogen menjadi kasein. Kasein digumpalkan oleh Ca2+ dari susu sehingga dapat dicerna oleh pepsin. Tanpa adanya renim susu yang berwujud cair akan lewat begitu saja di dalam lambuing dan usus tanpa sempat dicerna.
  • HCl(Asam Klorida) merupakan enzim yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri pada makanan.
 B.  Dampak yang Ditimbulkan Akibat Kebiasaan Makan 
       Sambil Minum

Gambar : Gangguan Perut Akibat Kebiasaan Makan Sambil Minum
        
          Telah kita ketahui dari subtema A bahwa lambung kita adalah tempat pencernaan makanan secara kimiawi. Pencernaan secara kimiawi berarti pencernaan yang melibatkan enzim - enzim yang ada di tubuh kita. Enzim - enzim tersebut bertugas untuk mencerna molekul makanan menjadi molekul yang lebih kecil. Selain itu, enzim - enzim makanan juga berfungsi untuk mengubah zat suatu makanan ke zat yang lain.
            Kebiasaan makan sambil minum berakibat lunturnya enzim - enzim pencerna makanan yang ada di lambung, sehingga makanan yang diolah di lambung tidak tercena dengan baik. Selain itu, kebiasaan makan sambil minum dapat mengencerkan konsentrasi asam lambung (HCl). Untuk mencerna makanan, tubuh memerlukan HCl dengan konsentrasi tertentu. Namun, kerena minum banyak air, konsentrasi HCl berkurang. Akibatnya, hanya sedikit makanan yang bisa dicerna oleh tubuh. Hal ini, jika dibiarkan terus bisa menimbulkan berbagai penyakit. Asam lambung, selain membantu pencernaan juga berfungsi sebagai anti bakteri. Jika lambung sudah tidak bekerja optimal, akan dapat mempengaruhi kerja organ pencernaan lainnya menjadi lebih berat sehingga menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh. Selanjutnya, cairan lambung akan menjadi kurang untuk mencerna. Makanan yang belum tercerna pun akan bocor ke dalam sistem pencernaan, sebab diserap melalui dinding perut. Pada akhirnya, ini akan menyebabkan refluks asam. Minum air bersamaan dengan makanan juga dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin. Semakin banyak insulin dilepaskan ke aliran darah anda, maka semakin tinggi kemungkinan Anda menyimpan lemak dalam tubuh.
          Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk minum 30 menit sebelum / setelah makan. Selain itu, juga disarankan untuk memakan makanan yang tidak terlalu asin, karena makanan asin dapat meningkatkan rasa haus kita. 


Sekian, semoga bermanfaat.
 
 

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD SOAL LATIHAN US/M SD/MI 2016 (P2)

Cara Mengatur Jarak Kalimat dan Paragraf